Perekonomian Indonesia
UNIVERSITAS
GUNADARMA
Nama : Fachmi
Putri R
Kelas / NPM :
1Eb20 - 22212592
Judul :
Microsoft Menginspirasi Calon Wirausaha Muda Indonesia
Dosen : S.Tiwi
Anggraeni
UNIVERSITAS
GUNADARMA
Judul : Microsoft Menginspirasi Calon Wirausaha Muda
Indonesia
PENDAHULUAN
Microsoft
adalah suatu perusahaan ternama diindonesia, perusahaan ini berusaha untuk
mendemokan teknologi terbaru dan terbaik, dan menginspirasi mereka untuk
membuat karya teknologi yang canggih dan bermanfaat untuk para calon wirausaha
muda. Perkembangan
gaya hidup masyarakat yang semakin maju, membuat kebiasaan sehari-hari pun
mengalami perubahan. Semakin pesatnya microsoft maka teknologi
memang sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Microsoft juga
diharapkan akan banyak memberikan dukungan terhadap program pengembangan
wirausaha di bidang Ilmu Teknologi. Keterlibatan perusahaan itu meliputi
pemberian bantuan, pendampingan, hingga pelatihan kepada calon wirausaha muda
di tanah air. Microsoft dinilai termasuk salah satu perusahaan Ilmu Teknologi
tersukses di dunia yang diawali dengan suatu kerja keras yang menginspirasi.
microsoft menargetkan tahun ini mampu mendorong terlahirnya lebih dari dua juta
wirausahawan baru untuk mendorong meningkatnya populasi wirausaha di tanah air
agar mencapai dua persen dari jumlah seluruh penduduk sebagai prasyarat untuk
menjadi negara maju.
ISI
Gerakan
kewirausahaan nasional
Antusias
anak muda menjadi seorang wirausaha belakangan ini nampak terus meningkat.
terbukti dari jumlah peserta “ kompetisi business plan” yang diselenggarakan
kementerian koperasi & ukm ini mampu menjaring sebanyak 14.275 anak muda
yang sudah mengajukan proposal sebagai peserta calom wirausaha.
Diluar
dugaan proposal rencana bisnis calon wirausaha ini masuk ke panitia hanya dalam
waktu kurang dari tiga bulan. Acara ini diselenggarakan dalam rangka
memperingati gerakan kewirausahaan nasional ( GKN ) ke-3 yang puncaknya akan
digelar pada 18 maret 2013 digelora bung
karno senayan jakarta.
Menteri
koperasi & ukm syarief hasan sendiri
mengaku bangga mendengar membludaknya jumlah peserta “kompetisi business plan”
ini. Karena ia tak mengira kalau acara yang digagas untuk menjaring calon
wirausaha muda itu sangat diminati kalangan anak muda.
Apalagi
pelaksanaan kompetisi calon wirausaha muda kali ini mendapat dukungan dari
perusahaan raksasa bidang IT Microsoft. Kerjasama ini mencakup program
pengembangan wirausaha muda yang mendapat perhatian dari pemilik Microsoft,
Bill Gates.
Syarief
mengatakan pada masa mendatang diharapkan Microsoft banyak memberikan dukungan
terhadap program pengembangan wirausaha di bidang IT.
Keikutsertaan
perusahaan Microsoft ini dalam memberikan bantuan, pendampingan hingga
pelatihan kepada calon wirausaha muda di tanah air.
Menurut
dia, Microsoft termasuk salah satu perusahaan IT paling sukses di dunia yang
telah banyak menginspirasi generasi muda. “inspirasi ini bisa kita replikasikan
kepada calon wirausaha muda”. Dari pelaksanaan kompetisi ini diharapkan mampu
mendorong terciptanya lebih dua juta seorang wirausaha batu untuk
mendukung meningkatnya populasi
wirausaha ditanah air. “saya menargetkan 2013 ini jumlah seorang wirausaha bisa
mencapai dua persen dari total penduduk sebagai prasyarat untuk menjadi negara
maju, “ tegas Menkop & ukm syarief hasan.
Menkop juga
menegaskan bahwa bill gates selaku pendiri Microsoft menyatakan dukungannya
atas GKN yang diadakan pemerintah Indonesia. “ dengan adanya gerakan ini, saya
meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 6,8 persen pada 2013.
Sebab kelak kita akan bertumpu pada anak muda, “ucapnya. Hadir dalam
penandatanganan nota kesepahaman ( mou ) dikantor kementerian koperasi &
ukm itu, presiden direktur PT Microsoft Indonesia, Andreas diantoro beserta
Direktur Utama PT Cyberindo Persada Nusantara, Deddy.
Andreas
menanggapi jika GKN sejalan dengan program global Microsoft Youth Spark.
“program ini akan memfasilitasi 300 juta orang muda di seluruh dunia yang
memiliki potensi dibidang teknologi informasi selama tiga tahun kedepan. Ini
merupakan kerjasama strategis,”ujar Andreas. Microsoft mengajak mitra ushananya
di Indonesia untuk memberikan peluang pendidikan dan pelatihan keterampilan
komputer bagi anak muda yang kurang mampu. Salah satunya adalah yayasan cinta
anak bangsa ( YCAB ) yang menjalin kerjasama dengan Microsoft untuk memberikan
konseling, pelatihan kejuruan, serta memberikan akses kepada pinjaman mikro.
Sejak 2011 lalu, Microsoft telah memberikan dukungan kepada YCAB dalam upaya
untuk memberdayakan anak muda Indonesia melalui program “rumah belajar”, “sejak
2011 ‘rumah belajar microsoft’ menjadi salah satu pusat Teknologi masyarakat
Community Technology Centres/CTC) .
Kami
sebagai pimpinan Microsoft Indonesia memberikan dukungan,”ucapnya. Andreas
menjelaskan saat ini di Indonesia sudah ada lima ‘Rumah Belajar Microsoft’ yang
didirikan diempat provinsi. “Di ‘Rumah Belajar Microsoft’ ini kami memberikan
kursus dalam bidang teknologi informasi yang berbasis produk Microsoft Office,
“ kata dia . Microsoft dan YCAB , lanjutnya , juga memberikan akses program
beasiswa bagi para siswa yang berprestasi tinggi supaya mereka dapat
melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. “Selain itu kami juga
membantu dana untuk mereka yg mau membuka usaha kecil . Dan sempet saat ini ada
900 siswa yang telah berpartisipasi mengikuti program ‘Rumah Belajar
Microsoft’,” tegas Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia itu.
Diminati Deputi Bidang
Pengembangan Sumber Daya Manusia
Kementrian Koperasi dan UKM Prakoso Budi Susetio mengatkan bahwa pihak panitia
yang melakukan sosialisasi kurang tiga dari bulan telah sukses menjaring 14.275
proposal yang diajukan para calon
wirausaha muda.
Menurut
Prakoso , pihaknya menggelar kompetisi business plan ini dengan memberikan
hadiah modal usaha Rp 25 juta kepada 1.500 proposal yg dikirim kepanitia lewat
email dan website www.spiritgkn.com akan diseleksi . Bagi calon
wirausaha muda yang terpilh akan dipanggil kejakarta untuk mengikuti pelatihan
wirausaha selama sepekan, sebelum diberikan modal awal untuk memulai usaha .
“Banyaknya proposal yang masuk mengikuti kompetisi ini menandakan besarnya animo masyarakat terhadap gerakan
penciptaan kewirausahaan ini,” ujarnya.
Sebelumnya pihak panitia telah melakukan road
show untuk mensosialisasikan Gerakan
Kewirausahaan Nasional ke beberapa
kampus dijabodetabek ,Banten, dan Jawa Barat . “Total peserta yang
mengikuti program sosialisasi ini mencapai 17.843 orang,” jelas Prakoso . Pihak
panitia juga telah mencatat jumlah pengujung website www.spiritgkn.com mencapai
lebih dari 6.350.000 visitor yang kewirausahaan semakin diminati muda . “Di
waktu mendatang kami akan melanjutkan dan mereplikasikan program ini ke
berbagai kota di indonesia , mungkin tahap awal akan digelar di20
kota,”paparnya .
PENUTUP
Banyaknya peluang bisnis diindonesia semakin pesat
sehingga perusahaan microsoft
memanfaatkan peluang untuk memotivasi calon wirausaha muda yang ingin
sukses. Microsoft diharapkan mampu
meningkatkan perkembangan kewirausahaan di bidang ilmu teknologi dan
bisa bersaing dengan negara-negara yang memiliki ilmu teknologi yang lebih
modern.
DAFTAR PUSTAKA
Sumber :
Majalah MIKRO referensi & inspirasi bisnis hal 28-29 Edisi 04 maret 2013
http://gotaufikblog.blogspot.com/2013/02/microsoft-dukung-pengembangan-wirausaha.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar