Kelas : 1EB20
NAMA NPM
Arafah
Marzuqoh 28212115
Ayu
PutriSari 21212291
Fachmi
Putri R 22212592
Badar Adi wijaya 21212331
Bryan artha
28212359
Tugas 1
(Minggu Pertama )
- Buatlah skema atau alur tentang pengertian Bisnis dan berilah penjelasan ?
|
|||
Bisnis
merupakan suatu bentuk aktifitas yang menjual barang dan jasa untuk mencukupi
rumah tangga konsumen (RTK) dan rumah tangga produsen (RTP) untuk mencapai
profit (keuntungan), namun bisnis tidak dapat berjalan tanpa dilandasi oleh
Trust (kepercayaan) dan pada akhirnya bisnis bertujuan meningkatkan kemakmuran
para pemiliknya.
- Jelaskan alasan mengapa manusia belajar bisnis ?
a) Bisnis adalah Sarana Menuju
Kebebasan Finansial.
Bisnis menurut hakikatnya, adalah suatu sarana untuk
mendapatkan kebebasan bereksperimen. Jadi, setiap manusia selalu ingin
mendapatkan yang dia inginkan. Dalam
bukunya CASHFLOW QUADRANT Robert T Kiyosaki telah menjelaskan
panjang lebar mengapa kuadran kanan (B + I) lebih dianjurkan daripada kuadran
kiri (E + S). Kuadran kanan beliau sebut sebagai kuadran kebebasan dan kuadran kiri
beliau sebut sebagai kuadran keamanan.
b) Semua
peluang ada di sekitar kita tinggal seberapa kreatif dan beraninya kita.
Terkadang kita melupakan hal-hal yang dianggap sepele atau
kecil, namun sebenarnya dibalik itulah memiliki fungsi yang sangat besar.Tidak adanya batasan ide dalam
berbisnis membuat kita tidak kehabisan cara untuk mendapatkan keuntungan. Sangat berbeda jika kita ingin
menjadi seorang pengusaha, kita harus sabar menunggu peluang dulu baru nantinya
mendapat keuntungan.
c) Kita
adalah Pemilik Dari Waktu Kita Sendiri
Terlintas dalam benak pikiran, setiap manusia menginginkan
hidup tiap hari bekerja tanpa terikat oleh waktu, seperti jam kerja. Misalnya
saja, sebagai karyawati kita dituntut untuk selalu berangkat tepat waktu
kekantor dan pulang pada petang atau malam hari jika lembur.
- Terangkan sejarah terjadinya bisnis ?
Perekonomian
sudah ada sejak dahulu kala, manusia pertama yaitu Nabi Adam AS, karena manusia adalah makhluk sosial
(zoon politicon) yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Dalam
kehidupan masyarakat yang masih primitif, manusia harus memenuhi kebutuhan
untuk dirinya sendiri, tidak tergantung pada orang lain. Kebutuhan yang harus
dipenuhi antara lain tiga kebutuhan pokok yaitu : sandang, pangan, dan papan. Dengan cara berburu
hewan, bertani atau bercocok tanam secara nomaden yaitu berpindah- pindah dari
satu tempat ketempat lain. Seiring perkembangan zaman, manusia mulai mengenal
kegiatan tukar- menukar barang atau biasa disebut dengan barter. Namun, barter
juga memiliki kelemahan yaitu sulitnya menemukan alat pembayaran yang senilai
dengan barang yang akan ditukarkan. Hal ini dirasakan kurang efektif. Sehingga
muncul kegiatan baru yang disebut dengan perdagangan. Sejak adanya perdagangan
pertukaran secara barter sudah tidak digunakan lagi, karena muncul alat
penukaran yang disebut uang.Dengan uang manusia dapat memperoleh semua kebutuhan dengan mudah.
Uang yang
dimaksud dalam sistem perekonomian jenis ini adalah benda- benda yang dianggap
memiliki kekuatan magis, misalnya logam (emas dan perak). Dalam manusia yang
lebih modern, manusia mengenal perniagaan, perniagaan juga merupakan kegiatan
jual beli, yang menjadi pembeda hanya pada jumlah barang yang diperdagangkan.
Dalam perniagaan barang yang diperdagangkan adalah barang dalam jumlah besar
(unit/partai). Pada masyarakat yang lebih maju, manusia semkain berinovasi
untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang semakin kompleks. Manusia mulai mengenal
industri, dimana adanya pemenuhan kebutuhan untuk manusia lain. Kemudian muncul
istilah bisnis, alat pembayaran yang digunakan juga berkembang menjadi uang
dalam bentuk Uang Kartal (kertas dan koin), Uang Giral (Cheque) dan Credit
Card.Bisnis modern adalah kegiatan menyalurkan barang- barang yang meliputi
perdagangan dan peniagaan. Dengan munculnya perdagangan bisnis modern semakin
memudahkan kita untuk memenuhi kebutuhan yang kita perlukan.
Perkembangan
bisnis yang sangat pesat, menimbulkan persaingan pasar yang cukup ketat. Setiap
harinya muncul pelaku
bisnis yang mengenalkan produknya dengan kreativitas dan inovasi baru,
sehingga persaingan pasar pun tidak bisa dihindarkan lagi. Jika para pelaku
usaha tidak berusaha menjadi diri yang
kreatif dan inovatif, usahanya hanya akan tergerus persaingan pasar.
Kreatif dan inovatif dalam menjalankan bisnis , menjadi salah satu kunci
sukses sebuah bisnis untuk memenangkan persaingan pasar. Dengan
menciptakan produk baru yang berbeda dengan produk lainnya, bisnis Anda
memiliki nilai lebih dibandingkan dengan produk lainnya. Oleh karena itu,
adanya kreativitas dan inovasi sangatlah penting. Oleh karena itu
penting untuk mendorong kreativitas dan menjadi benar – benar inovatif.
Sebelum mengetahui cara memunculkan kreativitas dan inovasi bisnis, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu
mengenai pengertian kreatif dan inovatif. Yang dimaksud dengan kreatif adalah
menciptakan ide atau gagasan baru yang mampu mengahasilkan produk baru yang
belum sebelumnya, dan bisa digunakan oleh masyarakat. Sedangkan yang dimaksud
dengan inovasi adalah pembaruan yang bertujuan memberikan nilai lebih pada
suatu produk dengan ide baru yang berbeda dengan produk lainnya. Walaupun kedua
kata ini memiliki arti yang berbeda, namun kedua hal tersebut sangat
berhubungan erat terutama dalam pengembangan bisnis. Banyak pengembangan bisnis
muncul dari bisnis kecil hingga bisnis yang mendunia, dari bisnis offline
hingga bisnis online. Hal tersebut sangat mengangumkan sekali bagi bangsa
Indonesia. Dalam perkembangan bisnis offline Indonesia bisa disebut merupakan
prospek pasar yang cerah bagi para investor. Terutama invstor dalam negeri. Karena
setiap sudut di negara kita ini bisa menghasilkan
uang.
Sudah
banyak para pebisnis sukses Indonesia yang berhasil. Kita liat saja seperti Tung
Desem Waringin, Abdurizal Bakrie dll. Itu merupakan beberapa contoh betapa
besarnya geliat bisnis di negeri kita ini. Dan juga bisnis di Indonesia sudah
mulai dilirik oleh pasar luas yaitu pasar asing. Para investor luarpun
berlomba-lomba untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Itu merupakan apresiasi
yang bagus dari para investor dan menandakan bahwa Indonesia mulai dipercaya
untuk menjadi tempat penanaman modal.
Bisnis
onlinepun saat ini tidak kalah pentingnya. Meskipun dibilang agak tertinggal
dari bisnis offline tetapi bisnis online terus mengejarnya. Di pasar
internasional Indonesia merupakan salah satu pelaku yang diakui dalam bisnis
online. Itu terbukti dengan banyaknya para penggunainternet dari Indonesia yang menggunakan “ebay”
yang merupakan salah satu situs jual beli berskala internasional.
Meskipun
belum mendapat kepercayaan tinggi di bidang bisnis online. Indonesia tetap menggeliat
dalam berbisnis online. Dan secara bertahap pasar internasional mulai
mempercayai Indonesia. Itu ditandai dengan datangnya web-web besar seperti paypal, skype,
yahoo ke Indonesia. Mereka berbondong-bondong ke Indonesia untuk memanfaatkan
pasar Indonesia. Dari beberapa hal diatas dapat disimpulkan bahwa geliat bisnis
Indonesia di pasar Internasional sangat bagus. Animo masyarakat tentang bisnis
berskala internasional mulai terbuka. Dan dengan itu sebuah web di Indonesia
menyediakan sebuah layanan jejaring untuk meningkatkan rasa persatuan dan
kesatuan kepada sesama pebisnis. Layanan ini sangat bagus untuk membantu sesama
pebisnis dalam kebersamaan. Karena jejaring sosial yang konsen terhadap bisnis
Indonesia ini sangat mendukung perkembangan Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar